Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 3 Singaraja

Putra, I Kadek Antara (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011043-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011043-ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011043-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar bola voli pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Singaraja, yang berjumlah 373 orang, dengan sampel penelitian ini adalah kelas XI I dan XI A yang berjumlah 70 orang, kelas XI I sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas XI A yang berjumlah 35 orang sebagai kelompok kontrol. pengambilan sample yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan bantuan aplikasi spin. Instrumen penelitian meliputi tes pilihan ganda untuk aspek pengetahuan, observasi untuk aspek sikap dan unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Hasil analisis pengumpulan data nilai t-hitung 2,170 > t-tabel 2,000 yang berarti Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar bola voli. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang lebih baik dengan nilai rata-rata 86,80 dibandingkan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 85,23 dalam meningkatkan hasil belajar bola voli. Disarankan guru PJOK menggunakan model pembelajaran problem based learning yang dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang diterapkan di kelas atau di lapangan untuk mengoptimalkan hasil belajar bola voli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Probelm Based Learning, Hasil Belajar, Bola Voli.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Kadek Antara Putra
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:32
Last Modified: 22 Jul 2025 06:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25516

Actions (login required)

View Item View Item