PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 ULAKAN

Dewi, Luh Deary Keistal (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 ULAKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031375-COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031375-ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031375-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031375-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031375-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031375-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031375-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031375-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031375-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang e-komik berbasis discovery learning, (2) mengetahui kelayakan e-komik berbasis discovery learning, (3) mengetahui efektivitas e-komik berbasis discovery learning pada materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar dengan jumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket, dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) hasil uji rancang bangun media e-komik ini berupa media digital yang berisikan materi pelajaran, gambar dan musik latar yang berbasis discovery learning dan digambarkan dengan flowchart dan storyboard, (2) kelayakan media e-komik berbasis discovery learning ditunjukkan hasil dari uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90,38% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 90,62% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 92,5% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 92,35% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,89% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas media e-komik berbasis discovery learning yang berdasarkan pada hasil uji-t satu sampel diperoleh nilai t_hitung sebesar 1,722 dan t_tabel berdasarkan taraf signifikansi 5% dengan dk – (n – 1) = 22 – 1 = 21 sebesar 1,721. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (1,722 > 1,721), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media e-komik berbasis discovery learning layak dan efektif digunakan pada materi pecahan muatan matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Ulakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, e-komik, Discovery Learning, Matematika, Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Deary Keistal Dewi
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:25
Last Modified: 14 Jul 2025 01:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25520

Actions (login required)

View Item View Item