Gunantha, I Made Wilwa (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS VII KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031447-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031447-ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031447-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031447-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031447-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031447-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031447-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031447-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031447-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media digital Quizizz terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada kelas V SDN Gugus VII kecamatan Abiansemal tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 7 Sekolah Dasar Kelas V di Gugus VII Kecamatan Abiansemal tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri atas 7 kelas dengan jumlah siswa 178 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling, diperoleh kelas V SD No. 1 Sedang sebanyak 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 2 Sedang sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar matematika materi bangun ruang diperoleh dengan memberikan butir tes pilihan ganda biasa dan dianalisis dengan uji-t Polled Varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil t-hitung = 11,33 > t-tabel = 2,007. Dengan taraf signifikansi 5% dan dk = (n1+n2)-2 =(27+27)-2 = 52. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika materi bangun ruang kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media digital Quizizz dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media digital Quizizz berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas V SDN Gugus VII Kecamatan Abiansemal tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model discovery learning, media digital Quizizz, Matematika materi bangun ruang. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Wilwa Gunantha |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:27 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |