PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NO. 1 BUDUK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Gloria, Paula Ni Komang Axelina (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NO. 1 BUDUK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031253_COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031253_ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031253_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031253_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031253_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031253_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031253_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031253_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031253_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas produk, dan efektivitas dari e-book berbasis discovery learning materi daur hidup hewan pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD No. 1 Buduk Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini berupa: (1) rancang bangun produk e-book berupa tautan yang dapat diakses melalui perangkat laptop maupun ponsel berisi teks, gambar, video, dan kuis interaktif dengan isi konten e-book disusun berbasis discovery learning serta telah melalui tahapan analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation); (2) validitas produk e-book berbasis discovery learning diperoleh berdasarkan hasil penilaian ahli penilaian ahli isi pembelajaran dengan persentase sebesar 92,86%, penilaian ahli desain instruksional dengan persentase sebesar 95,45%, penilaian ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 94,32%, hasil uji coba perorangan dengan persentase sebesar 100%, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 100%; (3) hasil uji efektivitas berdasarkan hasil analisis dengan teknik analisis statistik inferensial (uji-t) untuk sampel berkolerasi memperoleh hasil thitung (7,213) > ttabel (1,703) untuk dk=n1-1 = 28-1 = 27 dengan taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis discovery learning efektif digunakan pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD No. 1 Buduk Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-book, Discovery Learning, Kompetensi Pengetahuan IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Paula Ni Komang Axelina Gloria
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:27
Last Modified: 14 Jul 2025 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25553

Actions (login required)

View Item View Item