PENGEMBANGAN TES MISKONSEPSI TWO-TIER PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

Kusumasari, Ni Kadek Wanda (2025) PENGEMBANGAN TES MISKONSEPSI TWO-TIER PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071039-COVER.pdf

Download (329kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071039-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071039-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071039-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071039-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071039-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071039-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071039-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan alat evaluasi yaitu berupa tes miskonsepsi two-tier pada materi geteran, gelombang, dan bunyi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan informasi yang diperlukan saat merancang tes miskonsepsi two-tier, serta menganalisis kevalidan tes miskonsepsi two-tier. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan dengan langkah pengembangan yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun, pada penelitian ini langkah pengembangan hanya dilaksanakan sampai tahap develop yaitu uji validitas oleh ahli. Subjek uji coba produk meliputi pengujian validitas melibatkan dua orang Ahli Pendidikan IPA. Data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa studi literature, wawancara dan angket, seperti angket analisis kebutuhan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) informasi yang diperlukan saat merancang tes miskonsepsi terdiri dari: (a) studi dokumen; (b) wawancara. (2) Tes Miskonsepsi Two-tier memiliki kualifikasi sangat valid dengan skor 0,967 tergolong kriteria sangat valid. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan tes miskonsepsi two-tier pada materi getaran, gelombang, dan bunyi memperoleh informasi awal saat merancang tes miskonsepsi yaitu (a) peserta didik mengalami miskonsepsi pada materi getaran, gelombang, dan bunyi; (b) belum tersedianya instrument khusus untuk mendeteksi miskonsepsi dan memiliki kualifikasi sangat valid sehingga dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya. Hasil pada uji validitas menunjukkan bahwa instrument yang dikembangkan sangat valid dan layak digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian lanjutan masih diperlukan untuk menguji keefektifan dan reliabilitasnya melalui uji coba langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bunyi, gelombang, getaran, miskonsepsi, tes two-tier
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Kadek Wanda Kusumasari
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:26
Last Modified: 15 Jul 2025 07:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item View Item