PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Adhiatma, Ida Bagus Kade (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011045-COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011045-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011045-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan e-modul terintegrasi GeoGebra pada materi bangun ruang sisi lengkung guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IX. Karakteristik dari e-modul terintegrasi GeoGebra meliputi 1) Output e-modul berupa halaman web dan html 5, 2) Dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Lumi Education, dan GeoGebra, 3) E-modul didesain secara eksploratif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, 4) Interaktivitas e-modul dalam bentuk drag and drop. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan; define, design, development, dan disseminate. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Seririt pada kelas IX D dengan jumlah 35 siswa. Terdapat 4 ahli yang terdiri dari 2 guru smp dan 2 dosen universitas pendidikan ganesha untuk menguji validitas dari e-modul yang telah dikembangkan, 2 ahli untuk menguji validitas materi yang memperoleh rata-rata skor 91% dengan kategori sangat valid, dan 2 ahli untuk menguji validitas media dengan skor rata-rata 88% dengan karegori valid. Selain itu untuk tampilan. Uji kepraktisan: rata-rata 81,37% (praktis) untuk siswa dan 91,91% (sangat praktis) untuk guru. Uji keefektifan menunjukkan peningkatan pemahaman matematis dengan n-gain 0,382 dan t-test lebih dari t- tabel. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Seririt dengan penggunaan e-modul GeoGebra.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Bangun Ruang Sisi Lengkung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: IDA BAGUS KADE ADHIATMA
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:22
Last Modified: 15 Jul 2025 07:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25562

Actions (login required)

View Item View Item