Dewi, Made Raninta Candra (2025) IMPLEMENTING SOCIAL STORY MEDIA FOR TEACHING BASIC LITERACY TO STUDENT WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329081009-COVER.pdf Download (855kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329081009-ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081009-BAB 3 MOTODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329081009-LAMPIRAN.pdf Download (358kB) |
Abstract
Literasi dasar telah menjadi fondasi utama dalam pendidikan berdasarkan Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia. Pengajaran literasi dasar seharusnya dilakukan untuk semua siswa di Indonesia, khususnya siswa dengan autism spectrum disorder (ASD). Namun, meskipun pengajaran literasi dasar bagi siswa dengan ASD sangat penting, sangat sedikit penelitian yang ditemukan terkait hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan social story dalam mengajarkan literasi dasar kepada siswa dengan ASD. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku siswa saat mengerjakan pemahaman bacaan yang diberikan serta kesulitan yang dihadapi oleh guru selama proses implementasi. Penelitian ini menggunakan desain single subject research dengan desain A-B-A untuk pengumpulan datanya. Data dikumpulkan di North Bali Bilingual School, sebuah sekolah swasta di Bali Utara. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga siswa dengan ASD yang berada dalam pendidikan inklusif parsial. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perbedaan siswa setelah implementasi social story terletak pada kemampuan mereka dalam menjawab pemahaman bacaan hingga tahap pemahaman literal. Hal ini mencakup kemampuan menjawab kata tanya seperti ‘apa’, ‘siapa’, dan ‘di mana’. Selain itu, social story juga dapat memberikan dampak pada perilaku siswa dalam menjawab pemahaman bacaan, seperti membuat mereka memiliki rentang fokus yang lebih lama dan mampu mengangkat tangan saat membutuhkan bantuan. Kesulitan yang dihadapi adalah berkaitan dengan kondisi emosional peserta yang tidak stabil, ketidakmampuan membaca, dan keterbatasan dalam menjelaskan konsep secara konkret. Pentingnya penelitian ini terletak pada implementasi social story sebagai media pembelajaran untuk mengatasi tantangan akademik dan sebagai alat untuk mengajarkan literasi dasar kepada siswa dengan ASD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi dasar, social story, autism spectrum disorder |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Made Raninta Candra Dewi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |