Ariawan, I Gede Putu (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli pada Peserta Didik Kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011092-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011092-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011092-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011092-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011092-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui impelementasi model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola voli pada peserta didik kelas VIII 3 di SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 35 peserta didik. Rancangan penelitian ini menggunakan siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan masing- masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data hasil belajar yang digunakan untuk melakukan observasi hasil belajar yaitu dengan menggunakan penilaian hasil belajar (assesment). Data dianalisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik teknik dasar passing dan servis bola voli secara klasikal pada siklus I dengan rata-rata 80,8 dan pada siklus II dengan rata-rata 87,0 dan ketuntasan belajar pada siklus I menjadi 63% dan ketuntasan belajar pada siklus II menjadi 89%, dapat dilihat bahwa ada terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK melalui teknik dasar passing dan servis bola voli pada peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 2 Singaraja. Dapat dilihat pada siklus I dan siklus II persentase peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil di atas menunjukan bahwa implementasi model Peroblem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar terhadap peserta didik kelas VIII,3 di SMP Negeri 2 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar Bola Voli |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I GEDE PUTU ARIAWAN |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |