Dewi, Ni Putu Sthira Sattwika (2025) STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN BULELENG (Studi Kasus Pada Usaha Kain Tenun “Bali Dewi” Di Singaraja). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2117011077-COVER.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2117011077-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117011077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2117011077-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2117011077-LAMPIRAN.pdf Download (643kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi Digital Marketing yang tepat untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi kreatif, khususnya pada usaha kain tenun tradisional "Bali Dewi" yang berlokasi di Kabupaten Buleleng, Bali. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pemilik usaha, instansi pemerintah terkait, serta konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha "Bali Dewi" masih mengandalkan strategi pemasaran konvensional seperti promosi dari mulut ke mulut dan partisipasi dalam pameran lokal. Meskipun sudah memiliki media sosial, pengelolaannya belum optimal dan tidak terintegrasi dengan sistem penjualan digital seperti marketplace atau website. Faktor-faktor penghambat yang ditemukan meliputi rendahnya literasi digital, keterbatasan SDM dan infrastruktur, minimnya pelatihan, dan belum adanya toko online resmi. Hal ini membuat usaha kesulitan bersaing dengan kompetitor luar daerah yang telah aktif menggunakan strategi Digital Marketing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Digital Marketing, Daya Saing, Ekonomi Kreatif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | ni putu sthira sattwika dewi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:34 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |