STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN BULELENG (Studi Kasus Pada Usaha Kain Tenun “Bali Dewi” Di Singaraja)

Dewi, Ni Putu Sthira Sattwika (2025) STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN BULELENG (Studi Kasus Pada Usaha Kain Tenun “Bali Dewi” Di Singaraja). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2117011077-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2117011077-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117011077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2117011077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2117011077-LAMPIRAN.pdf

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi Digital Marketing yang tepat untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi kreatif, khususnya pada usaha kain tenun tradisional "Bali Dewi" yang berlokasi di Kabupaten Buleleng, Bali. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pemilik usaha, instansi pemerintah terkait, serta konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha "Bali Dewi" masih mengandalkan strategi pemasaran konvensional seperti promosi dari mulut ke mulut dan partisipasi dalam pameran lokal. Meskipun sudah memiliki media sosial, pengelolaannya belum optimal dan tidak terintegrasi dengan sistem penjualan digital seperti marketplace atau website. Faktor-faktor penghambat yang ditemukan meliputi rendahnya literasi digital, keterbatasan SDM dan infrastruktur, minimnya pelatihan, dan belum adanya toko online resmi. Hal ini membuat usaha kesulitan bersaing dengan kompetitor luar daerah yang telah aktif menggunakan strategi Digital Marketing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Digital Marketing, Daya Saing, Ekonomi Kreatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: ni putu sthira sattwika dewi
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:34
Last Modified: 16 Jul 2025 04:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25635

Actions (login required)

View Item View Item