Kamandewi, Komang Ridja (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERMAINAN EDUKASI BERORIENTASI SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 BATUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031424-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031424-ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031424-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031424-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031424-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031424-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031424-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031424-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031424-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait rendahnya minat belajar siswa kelas IV di sekolah dasar dalam pembelajaran IPAS. Terdapat empat tujuan dari penelitian ini, yakti mengetahui rancang bangun media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi, mengetahui kevaliditasan media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch dari segi isi, media serta desain, mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif berorientasi permainan edukasi scratch , mengetahui keefektivitasan media pembelajaran Interaktif Berorientasi Permainan Edukasi Scratch untuk meningkatkan minat siswa. Penelitian ini menggunakan model pendekatan ADDIE. Penelitian dan pengembangan (R & D) ini dilakukan dengan subjek uji coba terbatas dimana subjek yang akan digunakan adalah siswa kelas IV sekolah dasar dengan rentang usia 10-11 tahun.Penelitian ini menggunakan desain one group Pre-Test Post-Test. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya pada siswa kelas IV di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah media pembelajaran berorientasi Scratch memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Berdasarkan hasil di atas, maka penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch ini dinyatakan valid dan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di sekolah dasar dalam pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, pembelajaran interaktif permainan edukasi, scratch, minat belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Ridja Kamandewi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 00:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |