PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERMAINAN EDUKASI BERORIENTASI SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 BATUR

Kamandewi, Komang Ridja (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERMAINAN EDUKASI BERORIENTASI SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 BATUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031424-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031424-ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031424-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031424-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031424-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031424-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031424-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031424-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031424-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait rendahnya minat belajar siswa kelas IV di sekolah dasar dalam pembelajaran IPAS. Terdapat empat tujuan dari penelitian ini, yakti mengetahui rancang bangun media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi, mengetahui kevaliditasan media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch dari segi isi, media serta desain, mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif berorientasi permainan edukasi scratch , mengetahui keefektivitasan media pembelajaran Interaktif Berorientasi Permainan Edukasi Scratch untuk meningkatkan minat siswa. Penelitian ini menggunakan model pendekatan ADDIE. Penelitian dan pengembangan (R & D) ini dilakukan dengan subjek uji coba terbatas dimana subjek yang akan digunakan adalah siswa kelas IV sekolah dasar dengan rentang usia 10-11 tahun.Penelitian ini menggunakan desain one group Pre-Test Post-Test. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya pada siswa kelas IV di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah media pembelajaran berorientasi Scratch memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Berdasarkan hasil di atas, maka penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif permainan edukasi berorientasi scratch ini dinyatakan valid dan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di sekolah dasar dalam pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pembelajaran interaktif permainan edukasi, scratch, minat belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Ridja Kamandewi
Date Deposited: 21 Jul 2025 00:46
Last Modified: 21 Jul 2025 00:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item View Item