Astuti, Ni Ketut Desi Puja (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 3 TIANYAR BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031474-COVER.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031474-ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031474-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031474-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031474-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031474-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031474-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031474-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031474-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media komik digital, (2) mendeskripsikan hasil validitas pengembangan medua Komik Digital, (3) mendeskripsikan kepraktisan media Komik Digital, dan (4) menganalisis efektivitas media Komik Digital, dalam meningkatkan minat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, instrumen kuisioner. Penelitian ini mengambil subjek media pembelajaran komik digital berbasis pendidikan karakter mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V, sedangkan objek penelitian pengembangan ini adalah kelayakan, kepraktisan dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancangan bangun Komik Digital ini dirancang melalui tahapan pengembangan ADDIE. (2) hasil validitas Komik Digital interaktif dengan kualifikasi sangat baik, nilai skor dari ahli media 95,14% dan ahli materi diperoleh nilai 96,25%. (3) hasil respons praktisi guru memperoleh nilai 100% dengan kualifikasi sangat baik, respons praktisi siswa memperoleh nilai 91,85% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian Komik Digital yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. (4) Hasil Efektivitas Komik Digital yang dikembangkan menunjukkan nilai thitung = 25,365 lebih besar dari ttabel = 2,086, serta nilai signifikansi (p) = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, media komik digital berbasis pendidikan karakter efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Pendidikan Karakter, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Desi Puja Astuti |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:09 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |