Sugita, Ni Putu Anggi Natalia (2025) INVESTIGATING TRANSLANGUAGING PRACTICE IN MORPHOSYNTAX CLASS AS A CONTENT SUBJECT IN THE ENGLISH LANGUAGE EDUCATION PROGRAM OF UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329081021-COVER.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329081021-ABSTRACT.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081021-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329081021-LAMPIRAN.pdf Download (947kB) |
Abstract
Praktik translanguaging muncul sebagai pendekatan pedagogis yang mempermudah pembelajar multibahasa pada Pendidikan Bahasa Inggris tingkat lanjut. Banyak penelitian telah mengeksplorasi manfaat translanguaging namun penelitian terkait jenis, fungsi, tantangan, persepsi siswa tentang implementasinya, serta korelasi dengan prestasi belajar dalam bidang mata kuliah konten seperti Morphosyntax masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan mengeksplorasi penerapan praktik translanguaging dalam program sarjana dalam konteks EFL. Penelitian ini termasuk dalam metode campuran sekuensial eksploratif dengan total 22 mahasiswa sarjana semester 4 dan 1 dosen program ELE Universitas Pendidikan Ganesha pada tahun akademik 2023/2024 sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, pencatatan lapangan, wawancara, survei, dan tes. Validitas instrumen diuji melalui penilaian ahli dan Pearson Product-Moment. Reliabilitas instrumen diuji melalui analisis Cronbach Alpha. Metode analisis tematik deduktif dilakukan untuk menganalisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) Praktik translanguaging digunakan dalam 3 fase pembelajaran dalam mata kuliah Morphosyntax dengan frekuensi yang berbeda. 2) Terdapat 7 dari 8 jenis praktik translanguaging yang digunakan oleh dosen yang berfungsi interpretatif, manajerial, dan interaktif. 3) Tidak ada tantangan signifikan yang dihadapi oleh dosen ketika menggunakan praktik translanguaging sementara translanguaging ditemukan memiliki fungsi fasilitatif. 4) Mahasiswa mempersepsi positif praktik translanguaging yang digunakan oleh dosen. 5) Ada korelasi positif-signifikan dan sedang antara persepsi mahasiswa tentang praktik translanguaging dengan prestasi belajar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa praktik translanguaging bermanfaat untuk diimplementasikan sebagai pendekatan pedagogis dalam konteks EFL untuk mencapai tujuan pembelajaran mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi, Fungsi, Persepsi Siswa, Praktik Translanguaging |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Anggi Natalia Sugita |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:19 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |