PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD

Mertha, Putu Stephanie Adriana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031324-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031324-ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031324-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031324-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031324-BAB 3 METODELOGI PENELITI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031324-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031324-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031324-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAPIRAN)
2111031324-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan rendahnya hasil belajar IPAS siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran IPAS di kelas IV SD. Pengembangan media pembelajaran yang inovatif, pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan siswa merupakan solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus pada empat tujuan yaitu, rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran fun thinkers digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan model penelitian R&D (Research and Development). Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Jenis analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Desain uji coba produk penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek uji efektivitas terdiri dari 17 siswa kelas IV dengan uji-t berkorelasi (dependent). Temuan peneliti menunjukkan media pembelajaran fun thinkers digital memperoleh indeks validitas materi sebesar 0,92 dan media sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas tinggi. Memperoleh indeks kepraktisan dengan kualifikasi sangat praktis. Serta secara singnifikan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD dengan perolehan nilai signifikansi (Sig. Two-Sided p) sebesar < 0,05. Temuan ini memberikan solusi yang relevan terhadap rendahnya hasil belajar siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di kelas IV SD. Sebagai kesimpulan, media fun thinkers digital merupakan media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fun thinkers, media belajar, hasil belajar, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Stephanie Adriana Mertha
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:06
Last Modified: 18 Jul 2025 01:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25718

Actions (login required)

View Item View Item