Mertha, Putu Stephanie Adriana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031324-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031324-ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031324-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031324-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031324-BAB 3 METODELOGI PENELITI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031324-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031324-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031324-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAPIRAN)
2111031324-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas permasalahan rendahnya hasil belajar IPAS siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran IPAS di kelas IV SD. Pengembangan media pembelajaran yang inovatif, pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan siswa merupakan solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus pada empat tujuan yaitu, rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran fun thinkers digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan model penelitian R&D (Research and Development). Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Jenis analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Desain uji coba produk penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek uji efektivitas terdiri dari 17 siswa kelas IV dengan uji-t berkorelasi (dependent). Temuan peneliti menunjukkan media pembelajaran fun thinkers digital memperoleh indeks validitas materi sebesar 0,92 dan media sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas tinggi. Memperoleh indeks kepraktisan dengan kualifikasi sangat praktis. Serta secara singnifikan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD dengan perolehan nilai signifikansi (Sig. Two-Sided p) sebesar < 0,05. Temuan ini memberikan solusi yang relevan terhadap rendahnya hasil belajar siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di kelas IV SD. Sebagai kesimpulan, media fun thinkers digital merupakan media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fun thinkers, media belajar, hasil belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Stephanie Adriana Mertha |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:06 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |