PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020

Yuni Widia Ningsih, Ni Luh Putu (2020) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031119-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031119-ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031119-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031119-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031119-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031119-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031119-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031119-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031119-LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD gugus VII Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020, (2) pengaruh aktualisasi diri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD gugus VII Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020, dan (3) pengaruh kesiapan belajar dan aktualisasi diri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD gugus VII Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan rancangan “ex post facto” dengan studi pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VII Kecamatan Mengwi yang terdiri atas 8 kelas dengan jumlah siswa 162 orang. Sampel penelitian ditetapkan dari populasi dengan menggunakan teknik “proportional random sampling”. Jumlah sampel penelitian adalah 116 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes, yaitu angket dan pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear ganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar IPA dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 18,86 > Ftabel = 3,92 dan kontribusinya sebesar 14%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan aktualisasi diri terhadap hasil belajar IPA dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 20,03 > Ftabel = 3,92 dan kontribusinya sebesar 8,6%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar dan aktualisasi diri terhadap hasil belajar IPA dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 13,92 > Ftabel = 3,08 dan kontribusinya sebesar 19,8%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti lain untuk mendalami objek penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, kesiapan belajar, aktualisasi diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH PUTU YUNI WIDIA NINGSIH
Date Deposited: 27 Jul 2020 22:44
Last Modified: 27 Jul 2020 22:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item