OPTIMALISASI PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN FRONT OFFICE DEPARTMENT DI FOUR STAR BY TRANS HOTEL, RENON, BALI

Antari, Ni Luh Putu Sri (2025) OPTIMALISASI PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN FRONT OFFICE DEPARTMENT DI FOUR STAR BY TRANS HOTEL, RENON, BALI. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2257013006-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2257013006-ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2257013006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2257013006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2257013006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2257013006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2257013006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2257013006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2257013006-LAMPIRAN.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Four Star by Trans Hotel, Renon, Bali yang membahas mengenai Optimalisasi penerapan standard operating procedure (sop) dalam meningkatkan pelayanan front office department. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan SOP Front Office di Four Star by Trans Hotel dan bagaimana SOP mampu meningkatkan kualitas pelayanan. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder untuk mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa front office (bellboy, reservasi, telepon operator, resepsionis) sudah menerapkan SOP yang ada dan sudah memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu, tetapi belum optimal, dikarenakan beberapa alasan yaitu salah satunya kurangnya petugas front office. Dimensi yang digunakan untuk acuan mengukur seberapa SOP yang diterapkan front office diantaranya keandalan (Reliability, ketanggapan (Responsiveness), kepastian atau jaminan (Assurance), empati (Empathy), nyata (Tangibles).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Front Office Department, Kualitas Pelayanan, SOP
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Ni Luh Putu Sri Antari
Date Deposited: 22 Jul 2025 00:13
Last Modified: 22 Jul 2025 00:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25737

Actions (login required)

View Item View Item