Ardani, Ni Luh Putu Elly (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL DENGAN ORIENTASI KONSEP TRI KONA PADA TOPIK PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031199-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031199-ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031199-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031199-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031199-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031199-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031199-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya literasi sains siswa kelas IV SD terutama pada muatan IPA yang diakibatkan karena penggunaan media dan model pembelajaran di kelas yang belum optimal. Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun multimedia interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi konsep Tri Kona pada topik perkembangbiakan tumbuhan, (2) mengetahui validitas multimedia interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi konsep Tri Kona pada topik perkembangbiakan tumbuhan, (3) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi konsep Tri Kona pada topik perkembangbiakan tumbuhan, dan (4) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi konsep Tri Kona pada topik perkembangbiakan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pengembangan berupa multimedia interaktif, sedangkan objek penelitian pengembangan ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu angket/kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar angket/kuesioner dan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan multimedia interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi konsep Tri Kona pada topik perkembangbiakan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD, (2) multimedia interaktif mendapatkan validitas materi yaitu 0,94 dan validitas media sebesar 0,96 dengan kualifikasi/kategori validitas sangat tinggi, (3) hasil kepraktisan medi melalui respons guru sebesar 96,25%, uji coba perorangan sebesar 96,67%, dan uji kelompok kecil 95,28% dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t memperoleh nilai sebesar 0,000, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Sehingga multimedia interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi konsep Tri Kona efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, model PjBL, konsep Tri Kona, literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Elly Ardani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 00:44 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |