Sekarini, Komang Ina (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA ARSITEKTUR BALI UNTUK MENDUKUNG METODE GASING PADA MATERI PENGUKURAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BENGKEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031161-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031161-ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031161-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031161-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031161-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031161-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031161-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031161-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031161-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis etnomatematika arsitektur bali untuk mendukung Metode Gasing pada materi pengukuran bangun datar siswa kelas V SD Negeri 3 Bengkel. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah dua orang dosen ahli materi, dua orang dosen ahli media, satu orang guru kelas V sebagai praktisi dan penarikan respon dari siswa kelas V sejumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki tahapan yang sistematis. Metode pengumpulamn data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah berupa produk e-LKPD, yang meliputi 1) rancang bangun pengembangan e-LKPD berbasis etnomatematika arsitektur bali untuk mendukung Metode Gasing pada materi pengukuran bangun datar siswa kelas V SD, mengikuti tahapan analisis, desain dan pengembangan; 2) hasil uji validitas, yang meliputi dua ahli materi dan dua ahli media dengan hassil (a) hasil uji validitas ahli materi mendapatkan persentase 93% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji validitas ahli media mendapatkan persentase sebanyak 98% dengan kualifikasi sangat baik; 3) hasil penarikan respon guru dan siswa yang meliputi (a) penilaian respon guru mendapatkan persentase sebanyak 95% dengan kualifikasi sangat baik, (b) penarikan respon siswa mendapatkan persentase sebanyak 92,8% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis etnomatematika arsitektur bali untuk mendukung Metode Gasing pada materi pengukuran bangun datar siswa kelas V layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; Etnomatematika; Arsitektur Bali; Bangun Datar; Metode Gasing, ADDIE |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Ina Sekarini |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 00:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |