DEVELOPING MULTILINGUAL THEMATIC PICTURE DICTIONARY AS MEDIA TO SUPPORT LITERACY IN ENGLISH LANGUAGE CLASS FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN BALI

Suniyasih, Ni Made (2020) DEVELOPING MULTILINGUAL THEMATIC PICTURE DICTIONARY AS MEDIA TO SUPPORT LITERACY IN ENGLISH LANGUAGE CLASS FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021058-COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021058-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021058-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kamus bergambar tematik multibahasa sebagai media untuk mendukung literasi dalam bahasa Inggris untuk sekolah dasar kelas lima di Bali. Penelitian ini menggunakan model Desain dan Pengembangan (D&D) oleh Richey dan Klein (2007) dimana langkah-langkahnya adalah: (1) analisis, (2) disain, (3) pengembangan, dan (4) evaluasi. Siswa sekolah dasar kelas lima dan guru Bahasa Inggris dari daerah pedesaan dan perkotaan digunakan sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian ini dipilih dengan teknik purposeful sampling. Pada tahap analysis, penelitian ini mendapatkan data dengan cara observasi, wawancara, pemberian kuisioner, dan analisis dokumen. Penelitian ini mengadaptasi dan memodifikasi model analisis kebutuhan dari Hutchinson dan Waters (1987) untuk mendapatkan informasi kebutuhan siswa dalam bentuk wawancara dan kuisioner. Pada tahap desain, penelitian ini mengadopsi dan memodifikasi lima langkah mengembangkan kamus menurut Chaer dalam membuat rancangan kamus. Pada tahap pengembangan, penelitian ini memiliki dua langkah dalam mengembangkan rancangan kamus menjadi hasil akhir, yaitu pembuatan sampul kamus dan pembuatan isi kamus. Hasil akhir kamus dievaluasi melalui penilaian validitas konten dan penilaian kualitas. Hasil penelitian validitas isi menunjukkan relevansi kamus yang tinggi terhadap kriteria kamus gambar tematik multibahasa yang baik dengan sedikit revisi. Hasil dari penilaian kualitas dianalisi menggunakan formula dari Nurkancana dan Sunartana (1992). Hasil penilaian kualitas menunjukkan kamus berkategori sebagai media yang ‘sangat baik’. Jadi, kamus bergambar tematik multibahasa dapat digunakan sebagai media dalam mendukung siswa sekolah dasar kelas lima untuk mengembangkan keterampilan literasi mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kamus, literasi, pebelajar anak-anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Made Suniyasih
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:44
Last Modified: 27 Jul 2020 06:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item