Kori, Made Juntia Marmelina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI ULARAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031351-COVER.pdf Download (957kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031351-ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031351-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031351-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031351-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031351-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031351-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031351-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031351-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis problem based learning materi sistem pernapasan pada manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar yang berfokus pada rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan instrumen rating scale. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest – posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun media audio visual sudah baik dan sistematis dengan melewati tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; (2) media audio visual yang dikembangkan memiliki validitas media 3,6 dengan kualifikasi validitas sangat baik dan memiliki validitas materi 3,75 dengan kualifikasi validitas sangat baik; (3) kepraktisan media memperoleh hasil yang sangat baik, dengan pencapaian kepraktisan oleh guru 3,85 dan siswa 3,39; (4) nilai signifikan (2-tailed) pada uji Paired Sample T-Test memperoleh skor sebesar 0,000 < 0,05, sehingga media audio visual berbasis problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan pada materi sistem pernapasan pada manusia dalam pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media audio visual, problem based learning, motivasi belajar IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Juntia Marmelina Kori |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:48 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |