INVESTIGATING TRANSLANGUAGING PRACTICES IN ENGLISH FOR CRITICAL THINKING COURSE OF STAHN MPU KUTURAN SINGARAJA

Pradnyani, Pande Eka Putri (2025) INVESTIGATING TRANSLANGUAGING PRACTICES IN ENGLISH FOR CRITICAL THINKING COURSE OF STAHN MPU KUTURAN SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081043-COVER.pdf

Download (330kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081043-ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081043-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081043-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081043-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081043-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081043-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081043-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menginvestigasi pelaksanaan translanguaging yang dipraktikkan oleh dosen mata kuliah English for Critical Thinking dari STAHN Mpu Kuturan Singaraja, yang difokuskan pada: (1) bagaimana translanguaging digunakan di mata kuliah English for Critical Thinking di STAHN Mpu Kuturan Singaraja, (2) mendeskripsikan tipe dan fungsi dari translanguaging yang digunakan oleh dosen STAHN Mpu Kuturan Singaraja, (3) mengidentifikasi tantangan dalam mengimplementasikan translanguaging di STAHN Mpu Kuturan Singaraja, (4) mengamati persepsi mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja terhadap pelaksanaan translanguaging, dan (5) menganalisis korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap translanguaging dengan prestasi siswa. Subjek penelitian melibatkan 1 (satu) dosen mata kuliah English for Critical Thinking dan 21 mahasiswa di kelas tersebut. Desain penelitian ini adalah sequential exploratory mixed-method, yang berarti data kualitatif dikumpulkan lebih dahulu lalu diikuti oleh data kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, survey, serta hasil ujian dari mahasiswa. Data kualitatif dianalisis dengan cara analisis tematik deduktif; di samping itu, data kuantitatif dianalisis dengan menginterpretasi hasil kuesioner dan analisis statistik inferensial dengan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Translanguaging selalu dipraktikkan oleh dosen di tahap pembuka, pembelajaran inti, dan penutup. (2) Terdapat 8 tipe translanguaging yang ditemukan selama observasi dan memiliki fungsi yang spesifik seperti fungsi interpretif, interaktif, dan manajerial. (3) Tantangan utama yang dialami dosen adalah mengatur porsi translanguaging yang tepat di kelas. (4) Persepsi siswa terhadap translanguaging dapat dikategorikan positif. (5) Korelasi menunjukkan adanya hubungan sedang antara persepsi siswa dengan prestasi siswa. Namun, hubungan ini tidak signifikan secara statistik yang berarti persepsi siswa terhadap translanguaging tidak dapat dianggap sebagai faktor yang secara konsisten memengaruhi pencapaian akademik mereka. Hal ini mungkin dapat disebabkan karena adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi siswa. Dengan demikian, celah dari penelitian ini dapat diteliti lebih lanjut untuk menemukan informasi lebih banyak terkait implementasi translanguaging.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: translanguaging, pendidikan tinggi, pendekatan pedagogik, tantangan, persepsi siswa, prestasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Pande Eka Putri Pradnyani
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:25
Last Modified: 22 Jul 2025 01:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25787

Actions (login required)

View Item View Item