STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT A GOOD ENGLISH TEACHER: A COMPARATIVE ANALYSIS BASED ON STUDY MAJOR AND LEVEL OF EDUCATION

Antini, Ni Komang Ayu (2025) STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT A GOOD ENGLISH TEACHER: A COMPARATIVE ANALYSIS BASED ON STUDY MAJOR AND LEVEL OF EDUCATION. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081007_COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081007_ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081007_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081007_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081007_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081007_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081007_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081007_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kompetensi guru bahasa Inggris dalam konteks institusi pendidikan tinggi Indonesia. Meskipun efektivitas pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing telah dipelajari, hanya sedikit, jika ada, yang mengeksplorasi persepsi siswa yang mempelajari bahasa Inggris atau disiplin ilmu lain di berbagai tingkat akademik menggunakan teknik metode campuran. Oleh karena itu, sangat relevan bahwa studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi siswa tentang kompetensi guru bahasa Inggris yang kompeten, dengan menekankan empat kompetensi utama: pedagogis, pribadi, profesional, dan sosial. Studi ini menggunakan desain strategi campuran tertanam, menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatan utama, dilengkapi dengan metode kuantitatif. Instrumen untuk pengumpulan data meliputi kuesioner dengan skala Likert dan pertanyaan terbuka, yang diberikan secara daring kepada 82 siswa dari berbagai tingkat dan program. Konstruk yang digunakan dalam analisis informasi adalah Standar Kompetensi Instruktur, yang sepenuhnya didasarkan pada Undang-Undang No. 16 tahun 2007 tentang Menteri Pendidikan Nasional. Statistik dianalisis sesuai dengan Undang-Undang No. 16 tahun 2007, dikombinasikan dengan teori tentang persepsi siswa dan profesionalisme guru dari literatur terkini. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji Mann-Whitney U, sementara data kualitatif dianalisis secara tematis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik mahasiswa sarjana maupun pascasarjana, terlepas dari jurusan mereka (Bahasa Inggris atau non-Bahasa Inggris), menganggap keempat kompetensi guru penting. Namun, perbedaan yang signifikan secara statistik diamati antar kelompok, terutama dalam hal kompetensi profesional dan pedagogis. Dengan pengalaman mengajar, mahasiswa pascasarjana tampaknya memiliki pandangan yang lebih bermasalah, sementara mahasiswa sarjana lebih berfokus pada dimensi pribadi dan sosial dari peran mengajar. Studi ini menyimpulkan bahwa latar belakang akademis dan pemahaman siswa tentang konteks secara signifikan membentuk persepsi mereka tentang guru Bahasa Inggris yang berpengaruh. Oleh karena itu, direkomendasikan agar program pendidikan guru tidak terlalu kaku dan lebih selaras dengan kebutuhan dan aspirasi nyata peserta didik dari berbagai latar belakang. Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk merancang strategi pengembangan pelatihan guru, memantau kinerja guru, dan menginformasikan pengembangan pedoman pengajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa, guru bahasa Inggris, kompetensi guru, pedagogik, profesional, personal, sosial, jenjang pendidikan, jurusan studi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Komang Ayu Antini
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:29
Last Modified: 22 Jul 2025 01:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25804

Actions (login required)

View Item View Item