PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KONTROVERSIAL (CPBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA

Suryawan, I Putu Pasek (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KONTROVERSIAL (CPBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239011035-COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239011035-ABSTRAK.pdf

Download (404kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239011035-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah kontroversial atau controversial problem-based learning (CPBL) beserta perangkat pembelajarannya yang valid, praktis, dan efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa SMA. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini menggunakan penelitian desain dari Plomp dengan tahapan preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Instrumen penelitian untuk menilai validitas model menggunakan lembar validasi ahli dan lembar observasi keterkaitan komponen model, instrumen kepraktisan menggunakan lembar validasi ahli dan lembar observasi keterlaksanaan model, dan instrumen keefektifan menggunakan kuesioner aktivitas belajar siswa, tes keterampilan berpikir kritis matematis siswa, dan kuesioner tanggapan siswa terhadap pelaksanaan model CPBL. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dilanjutkan secara kualitatif untuk memberikan gambaran lengkap dan mendalam dari kajian yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CPBL memenuhi kriteria valid, dimana 83,33% validator menyatakan draf model didasari oleh teori yang kuat, dan semua validator menyatakan komponen model saling berkaitan, serta hasil uji coba menunjukkan komponen model saling berkaitan satu sama lainnya. Model CPBL juga memenuhi kriteria praktis, dimana semua validator menyatakan draf model CPBL dapat diterapkan di kelas, guru menyatakan dapat menerapkan model CPBL di kelas, dan tingkat keterlaksanaan model CPBL berada pada kategori sangat tinggi. Selain itu, model CPBL telah memenuhi kriteria efektif, dimana aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran tergolong sangat tinggi, keterampilan berpikir kritis matematis siswa tergolong baik yang ditunjukkan melalui daya serap dan ketuntasan belajar siswa telah memenuhi kriteria, serta persentase siswa memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan model CPBL sangat tinggi. Selanjutnya, perangkat pembelajaran model CPBL yang berupa modul ajar (rencana pembelajaran), buku siswa, dan buku guru juga telah dinyatakan valid oleh validator, terbukti praktis digunakan oleh guru, siswa, dan pengamatan dari observer, serta efektif mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Karakteristik model CPBL yang valid, praktis, dan efektif, yaitu: (1) memiliki landasan teoritis model yang merujuk pada landasan filsafat progresivisme, landasan psikologis sosial-konstruktivisme, serta landasan teknologi yang mendukung eksplorasi, penyelidikan kolaboratif, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa; dan (2) memiliki komponen dasar model pembelajaran yang dibangun dari modifikasi PBL dengan mengintegrasikan tahapan penalaran kontroversial awal, eksplorasi, dan klarifikasi pada fase III serta menjadikan masalah matematika kontroversial sebagai starting point pembelajaran. Dengan demikian, telah dihasilkan model CPBL beserta perangkat pembelajaran yang berkualitas baik dengan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa SMA.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah kontroversial, masalah matematika kontroversial, keterampilan berpikir kritis matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Putu Pasek Suryawan
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:03
Last Modified: 22 Jul 2025 09:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25827

Actions (login required)

View Item View Item