PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII

Sriyasmini, Ni Luh Ayu (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011040-COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011040-ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011040-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi geometri bangun ruang sisi datar sering kali sulit dipahami siswa karena sifatnya yang abstrak serta minimnya bahan ajar yang interaktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul interaktif yang valid, praktis, dan efektif yang memuat masalah kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri kelas VIII SMP untuk materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang telah diuji validitas isi menggunakan rumus Gregory, dan reliabilitasnya dianalisis menggunakan koefisien Cronbach Alpha, yang menunjukkan bahwa instrumen tergolong reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul memiliki karakteristik interaktif dan kontekstual, yaitu menyajikan masalah nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, terstruktur sistematis, serta dilengkapi dengan simulasi GeoGebra, video, dan evaluasi interaktif. Validasi ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 96% (kategori sangat baik). Kepraktisan berdasarkan angket UEQ oleh 30 siswa dan 2 guru menunjukkan respons positif. Efektivitas e-modul ditunjukkan oleh nilai N-gain sebesar 0,76 (kategori tinggi) dan 100% siswa mencapai nilai di atas KKTP yakni >60. Dengan demikian, e-modul interaktif bermuatan masalah kontekstual ini valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul Interaktif, masalah kontekstual, pemahaman konsep siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI LUH AYU SRIYASMINI
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:04
Last Modified: 23 Jul 2025 08:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item