PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Dewi, Ida Ayu Indira Kusuma (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011080-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011080-ABSTRAK.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (478kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011080-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011080-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011080-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis discovery learning guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII SMP. E-modul yang dikembangkan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate namun untuk tahap penyebaran hanya dilaksanakan sampai uji coba terbatas pada satu kelas dan di satu sekolah saja. E-modul ini dikembangkan dengan model pembelajaran discovery learning yang dibuat dengan bantuan website liveworksheet. E-modul ini didesain untuk mendorong siswa agar dapat belajar secara aktif dan bereksplorasi menemukan konsep secara langsung pada materi bangun ruang sisi datar. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Dwijendra Denpasar yang terdiri dari 31 orang siswa. Hasil dari penilaian ahli materi mencapai angka 4.35 dan ahli media mencapai angka 4.75 dengan kriteria kevalidan sangat tinggi. Uji coba e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan dengan metode UEQ (User Experince Questionnaire) memperoleh hasil pada aspek daya tarik memperoleh rata-rata skor 1,75 dengan kategori baik. Pada aspek kejelasan mendapat rata-rata skor 1,48 dengan kategori diatas rata-rata. Pada aspek efisiensi mendapat rata-rata skor 1,53 dengan kategori baik. Pada aspek ketepatan memperoleh rata-rata skor 1,53 dengan kategori baik. Pada aspek stimulasi mendapatkan rata-rata skor 1,52 dengan kategori baik. Dan pada aspek kebaruan memperoleh rata-rata skor 1,03 dengan kategori diatas rata-rata. Kemudian keefektifan e-modul berbasis discovery learning dengan uji N-Gain memperoleh skor rata-rata 0.69 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan kategori sedang pada interval 0,3≤g<0,7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, E-Modul, Pemahaman Konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: IDA AYU INDIRA KUSUMA DEWI
Date Deposited: 25 Jul 2025 00:53
Last Modified: 25 Jul 2025 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25934

Actions (login required)

View Item View Item