Widiati, Kadek Ari (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI TWINERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011096-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011096-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011096-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011096-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011096-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbantuan aplikasi Twinery yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kesebangunan kelas VII. Pengembangan e-modul ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Aplikasi Twinery digunakan dalam menyusun soal untuk mengkonstruksi pemahaman konsep matematika. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menggunakan angket LORI dengan skor ahli materi sebesar 4,95 dan ahli media sebesar 4,75. Untuk kepraktisan e-modul diukur dengan angket System Usability Scale (SUS) dengan skor rata-rata siswa 82.14 dan skor rata-rata guru 95 dengan kategori “sangat baik". Efektivitas e-modul diuji melalui perbandingan hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan uji test paired samples test untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Dalam uji test paired samples test menggunakan derajat signifikansi sebesar 0,05 (α=5%) dan didapatkan nilai t=0,0000, sehingga terdapat perubahan yang signifikan dalam pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul. Dalam uji N-Gain mendapatkan nilai 0,36 dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep kesebangunan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Twinery, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | KADEK ARI WIDIATI |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |