Mertayasa, Gede Agus (2025) PERBANDINGAN TORSI, DAYA, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR ANTARA PORTING DIMPLE DAN PORTING SMOOTH PADA SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 110 ESP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2015071007-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2015071007-ABSTRAK.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2015071007-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2015071007-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
2015071007-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL PEMBAHASAN)
2015071007- BAB IV HASIL PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2015071007- BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015071007- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2015071007-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan variasi porting terhadap daya mesin, torsi mesin, dan konsumsi bahan bakar di sepeda motor 4 tak. Permasalahan yang diidentifikasi yaitu Sepeda motor yang usianya lebih dari lima tahun secara teoritis akan mengalami penurunan performa, terutama jika digunakan secara terus menerus di medan yang berat seperti di pegunungan hal ini mendorong untuk melakukan penelitian tentang cara memaksimalkan tenaga sepeda motor standar tanpa harus merubah diameter piston dan stroke up dan dengan biaya yang relatif lebih murah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan menggunakan tiga bahan porting yaitu porting standar dengan in-19mm dan ex-20mm, Porting dimple in-20mm dan ex-22mm, dan porting smoothin-20mm dan ex-22mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan pada daya mesin di porting smoothsebesar 5,71% dibandingkan dengan porting standar kemudian pada torsi mesin juga mengalami peningkatan secara signifikan pada porting smoothsebesar 17,47% dibandingkan dengan porting standar, dan peningkatan terjadi pada konsumsi bahan bakar secara signifikan pada pengunanna porting smoothsebesar 16,49% dibandingkan dengan porting standar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Porting, Daya Mesin, Torsi Mesin, dan Konsumsi Bahan Bakar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | I GEDE AGUS MERTAYASA |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |