RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI SUHU PENCEGAH OVERHEAT DISC BRAKE SEPEDA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER (STUDI PENGEMBANGAN TRAINER DI LABORATORIUM OTOMOTIF PTM UNDIKSHA )

Yasa, Gede Arya Dana (2025) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI SUHU PENCEGAH OVERHEAT DISC BRAKE SEPEDA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER (STUDI PENGEMBANGAN TRAINER DI LABORATORIUM OTOMOTIF PTM UNDIKSHA ). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115071008-COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115071008-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2115071008-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2115071008-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115071008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115071008-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jumlah sepeda motor di Indonesia berdampak pada tingginya potensi kecelakaan, salah satunya akibat melemahnya fungsi pengereman. Salah satu penyebab utama rem lemah adalah overheat pada disc brake, yang sering terjadi saat pengereman dilakukan secara intens, seperti di jalur menurun atau dalam perjalanan jauh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan alat pendeteksi suhu berbasis mikrokontroler guna mencegah terjadinya overheat pada disc brake secara otomatis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang meliputi proses perancangan alat, pembuatan prototipe, pengujian fungsional, dan evaluasi kinerja sistem. Sistem ini menggunakan sensor suhu digital DS18B20 untuk membaca suhu secara real-time, serta mikrokontroler Arduino Nano yang mengatur aktivasi pompa air melalui modul relay ketika suhu mencapai batas 100°C. Air kemudian disemprotkan ke permukaan cakram rem untuk mempercepat pendinginan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat mampu menurunkan suhu dari 100°C menjadi 33°C dalam waktu kurang dari tiga menit. Alat ini efektif dalam menjaga performa pengereman agar tidak melemah akibat suhu tinggi, serta berkontribusi pada peningkatan keselamatan pengendara. Pengembangan lanjutan dapat dilakukan dengan menambahkan filterlisasi mekanis, sisa air yang telah disemprotkan ke disc brake dapat ditampung kembali melalui saluran penyalur dan disaring sebelum dikembalikan ke tangki penampungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sistem pengereman, rem lemah, disc brake, overheat, mikrokontroler, pendingin otomatis, sepeda motor
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Gede Arya Dana Yasa
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:21
Last Modified: 24 Jul 2025 00:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25946

Actions (login required)

View Item View Item