Dewi, Komang Ayu Trisna (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GAME BASED LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KESEBANGUNAN PADA SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011041-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011041-ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011041-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis game-based learning model untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kesebangunan kelas VII. E-Modul yang dikembangkan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dibatasi hingga sampai tahap Develop karena keterbatasan waktu peneliti. Produk e-modul ini dikembangkan menggunakan media Canva, Educaplay, GeoGebra, dan Heyzine. E-modul ini dikembangkan sebagai media pembelajaran yang aktivitasnya menerapkan model game-based learning dan bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam memahami konsep materi melalui eksplorasi visual dan permainan edukatif yang disesuaikan dengan topik materi kesebangunan. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Pekutatan. E-modul yang dikembangkan memiliki karakteristik beserta tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Karakteristik e-modul meliputi: (1) Menggunakan langkah-langkah model game-based learning dan (2) Pembelajaran dimulai dengan memberikan permasalahan nyata dilanjutkan dengan eksplorasi menggunakan media GeoGebra yang disertai pertanyaan pemantik untuk mengarahkan siswa dalam menemukan konsep. Validitas materi dan media e-modul masing-masing mendapatkan skor persentase 99% dan 92,5% yang keduanya mendapat kriteria validitas “sangat tinggi”. Kepraktisan e-modul dilihat dari aspek daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan, mendapatkan skor rata-rata 1,86-2,02 dengan kriteria “unggul” dan dilihat dari aspek kejelasan bernilai 1,92 mendapat kriteria “baik”. Keefektifan e-modul berdasarkan nilai n-gain memperoleh skor rerata 0,740 dengan kriteria keefektifan “tinggi” serta ketuntasan pembelajaran berdasarkan KKTP yaitu 100% tuntas. Meskipun hasil pengembangan menunjukkan kualitas yang baik, e-modul ini belum dapat dinyatakan layak untuk digunakan secara luas karena belum melalui tahap disseminate. Adapun keunggulan dalam e-modul berbasis game-based learning model terletak pada penyajian kasus nyata di awal pembelajaran, yang mana kasus tersebut dirancang dengan bantuan GeoGebra untuk dieksplorasi, sehingga siswa dapat membangun pemahaman konsep secara mandiri dan tepat. Serta jika siswa terkendala atau bermasalah dalam penggunaan e-modul, mereka dapat langsung membuka panduan penggunaan yang telah disediakan di bagian petunjuk penggunaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, kesebangunan, game-based learning model, pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Trisna Dewi |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |