PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Wati, Gusti Ayu Kadek Ratna (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011034-COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011034-ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011034-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Semarapura yang dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan puzzle lebih baik daripada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semarapura tahun ajaran 2024/2025. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas VII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII I sebagai kelompok kontrol. Instrumen utama penelitian berupa angket motivasi belajar matematika, didukung oleh tes hasil belajar sebagai instrumen pendukung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata skor posttest sebesar 132,02, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor sebesar 108,25. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji Independent Sample T-test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan hasil bahwa t_{hitung}=13,585 dan t_{tabel}=1,664. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal ini berarti bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Semarapura yang diterapkan model pembelajaran make a match berbantuan puzzle lebih baik daripada kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol juga berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil analisis posttest hasil belajar menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol. Hal ini memperkuat bahwa penerapan model pembelajaran make a match berbantuan puzzle efektif dalam meningkatkan motivasi sekaligus memberikan dampak positif secara tidak langsung terhadap pencapaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran make a match, motivasi belajar matematika, puzzle.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: GUSTI AYU KADEK RATNA WATI
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:20
Last Modified: 24 Jul 2025 07:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25978

Actions (login required)

View Item View Item