Wira Saputra, Gede (2025) PENERAPAN (SOP) STANDARD OPERATING PROCEDURE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ROOM SERVICE DI HOTEL BALI NIKSOMA BOUTIQUE BEACH RESORT. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2257013011_COVER..pdf Download (586kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2257013011_ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2257013011_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text (BAB 2 METODE PENELITIAN)
2257013011_BAB 2-METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 KAJIAN TEORI)
2257013011_BAB 3 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2257013011_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2257013011_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2257013011_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2257013011_LAMPIRAN.pdf Download (434kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi penerapan Standard Operating Procedure (SOP) dalam pelayanan room service di Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort. Pembahasan penelitian mengarah pada penjelasan terkait dengan penerapa (SOP) standard operating procedure dalam meningkatkan kualitas pelayanan room service, kendala-kendala yang di hadapi serta strategi yang digunakan Bali Niksoma Boutique Beach Resort untuk mempertahankan kualitas pelayanan dan loyalitas tamu. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Wawancara penelitian ini dilakukan dengan dua orang, yang pertama dengan Assistant Restaurant Outlet Manager, kedua dengan karyawan Bali Niksoma Boutique Beach Resort, serta menggunakan dokumen (SOP) standard operating procedure untuk menetapkan standar mutu pelayanan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan (SOP) standard operating procedure yang optimal, perencanaan yang matang, pengorganisasian atau pembagian kerja yang jelas, pelaksanaan yang cepat dan tepat, serta pengawasan operasional merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan room service, kepuasan tamu dan loyalitas tamu. Kata kunci : Standard Operating Procedure, room service, kualitas pelayanan , kepuasan tamu, loyalitas tamu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standard Operating Procedure, room service, kualitas pelayanan , kepuasan tamu, loyalitas tamu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Pengelolaan Perhotelan (D4) |
Depositing User: | GEDE WIRA SAPUTRA |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 20:10 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 20:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |