PENERAPAN (SOP) STANDARD OPERATING PROCEDURE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ROOM SERVICE DI HOTEL BALI NIKSOMA BOUTIQUE BEACH RESORT

Wira Saputra, Gede (2025) PENERAPAN (SOP) STANDARD OPERATING PROCEDURE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ROOM SERVICE DI HOTEL BALI NIKSOMA BOUTIQUE BEACH RESORT. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2257013011_COVER..pdf

Download (586kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2257013011_ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2257013011_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 2 METODE PENELITIAN)
2257013011_BAB 2-METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 KAJIAN TEORI)
2257013011_BAB 3 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2257013011_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2257013011_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2257013011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2257013011_LAMPIRAN.pdf

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi penerapan Standard Operating Procedure (SOP) dalam pelayanan room service di Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort. Pembahasan penelitian mengarah pada penjelasan terkait dengan penerapa (SOP) standard operating procedure dalam meningkatkan kualitas pelayanan room service, kendala-kendala yang di hadapi serta strategi yang digunakan Bali Niksoma Boutique Beach Resort untuk mempertahankan kualitas pelayanan dan loyalitas tamu. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Wawancara penelitian ini dilakukan dengan dua orang, yang pertama dengan Assistant Restaurant Outlet Manager, kedua dengan karyawan Bali Niksoma Boutique Beach Resort, serta menggunakan dokumen (SOP) standard operating procedure untuk menetapkan standar mutu pelayanan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan (SOP) standard operating procedure yang optimal, perencanaan yang matang, pengorganisasian atau pembagian kerja yang jelas, pelaksanaan yang cepat dan tepat, serta pengawasan operasional merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan room service, kepuasan tamu dan loyalitas tamu. Kata kunci : Standard Operating Procedure, room service, kualitas pelayanan , kepuasan tamu, loyalitas tamu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standard Operating Procedure, room service, kualitas pelayanan , kepuasan tamu, loyalitas tamu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: GEDE WIRA SAPUTRA
Date Deposited: 29 Jul 2025 20:10
Last Modified: 29 Jul 2025 20:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26001

Actions (login required)

View Item View Item