PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SINGARAJA

Puspitasari, Pande Kadek Manik (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011070-COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011070-ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011070-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011070-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011070-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan video interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja yang terdistribusi dalam 11 kelas yakni VIIIA sampai VIIIK sebanyak 337 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dengan kelas VIII-I sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah data kemampuan komunikasi matematis siswa yang dikumpulkan menggunakan tes uraian yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test pada kelas eksperimen adalah 83,63 serta kelas kontrol 62,07. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t (Independent Sample T-Test), nilai signifikansi post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh sebesar 0,0001. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan video interaktif lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, perhitungan effect size menghasilkan nilai sebesar 2,13 yang tergolong dalam kategori pengaruh besar, yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT berbantuan video interaktif memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran NHT, Video Interaktif, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Pande Kadek Manik Puspitasari
Date Deposited: 25 Jul 2025 01:11
Last Modified: 25 Jul 2025 01:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26005

Actions (login required)

View Item View Item