Ina, Herlina (2025) INTEGRASI BUDAYA PAMAMA (MENGUNYA SIRIH PINANG) KE DALAM PEMBELAJARAN ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANA RIGHU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031005-COVER.pdf Download (819kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031005-ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031005-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mengintegrasikan muatan kearifan lokal pada pembelajaran kimia merupakan sebuah strategi kontekstual guna mendorong penguatan pemahaman konsep serta penanaman nilai-nilai budaya pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas penerapan pembelajaran kimia yang terintegrasi dengan budaya lokal masyarakat Sumba, khususnya melalui praktik tradisional pamama (mengunyah sirih pinang), dalam mengoptimalkan pencapaian belajar dan literasi budaya siswa kelas XI pada pokok bahasan asam dan basa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri atas dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian mencakup tes hasil belajar dan instrumen tes literasi budaya yang sudah melalui tahap validasi serta uji coba lapangan. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif serta inferensial dengan teknik MANCOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran yang mengintegrasikan praktik budaya pamama memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar (p = 0,003) dan literasi budaya (p = 0,009). Secara bersamaan, intervensi ini turut memberi pengaruh yang berarti terhadap kedua variabel tersebut (p = 0,002). Temuan ini menunjukkan bahwa strategi yang berbasis pada budaya lokal ini tidak hanya menunjang aspek kognitif siswa, namun juga berkontribusi dalam membangun kesadaran dan apresiasi terhadap budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kimia, budaya pamama, hasil belajar, literasi budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | HERLINA INA |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:42 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |