Saragih, Johni Hotlan (2025) EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENURUNKAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS X PERHOTELAN DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011034-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011034-ABSTRAK.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011034-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan konseling Cognitive Behavior dengan teknik Cognitive Restructuring dalam menurunkan kecenderungan perilaku bullying pada peserta didik kelas X Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja. Perilaku bullying yang terjadi di lingkungan sekolah dapat berdampak negatif terhadap kondisi psikologis maupun prestasi belajar siswa, sehingga diperlukan upaya strategis melalui layanan konseling yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil asesmen awal. Instrumen yang digunakan berupa skala kecenderungan perilaku bullying. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Dengan demikian, pendekatan konseling Cognitive Behavior dengan teknik Cognitive Restructuring efektif dalam menurunkan kecenderungan perilaku bullying pada peserta didik. Pendekatan ini dapat dijadikan alternatif layanan konseling yang aplikatif untuk mengatasi masalah perilaku sosial di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Cognitive Behavior, Cognitive Restructuring, Bullying, Siswa SMK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Johni Hotlan Saragih |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 00:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 00:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |