THE EFFECT OF WORDTUNE TOWARDS WRITING COMPETENCY AND ENGAGEMENT IN WRITING OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 2 TABANAN

Pridayani, Kadek (2025) THE EFFECT OF WORDTUNE TOWARDS WRITING COMPETENCY AND ENGAGEMENT IN WRITING OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 2 TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081018-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081018-ABSTRAK.pdf

Download (730kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081018-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Wordtune terhadap kompetensi menulis dan keterlibatan siswa dalam menulis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tabanan dengan desain penelitian campuran (mixed-methods). Sampel penelitian terdiri dari 168 siswa kelas delapan yang dipilih melalui teknik cluster sampling. Data kuantitatif yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan uji independent t-test dan uji Mann Whitney U Test, sementara data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan kuantitatif dari penelitian ini mengungkapkan dua hal penting. Pertama, terdapat pengaruh signifikan dari Wordtune terhadap kompetensi menulis siswa (p = 0,003), dengan ukuran efek sedang (Cohen’s d = 0,526). Kedua, terdapat pengaruh signifikan dari Wordtune terhadap keterlibatan menulis siswa (p < 0,001), dengan ukuran efek sedang (r = 0,31). Untuk temuan kualitatif, siswa memandang Wordtune sebagai alat yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi menulis dan keterlibatan mereka dalam menulis. Berdasarkan temuan-temuan ini, beberapa implikasi dapat diambil, seperti (1) penerapan Wordtune dalam praktik menulis sangat memungkinkan karena ketersediaan versi gratisnya, (2) penerapan Wordtune dalam kelas menulis memungkinkan siswa dapat mengontrol pembelajaran mereka sendiri karena alat ini menyediakan umpan balik secara langsung, (3) penerapan Wordtune memungkinkan siswa untuk berkembang sesuai dengan kecepatan mereka masing-masing, sehingga tercipta lingkungan pembelajaran yang nyaman yang pada akhirnya dapat meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, (4) penerapan Wordtune sebaiknya disertai dengan bimbingan serta interaksi yang intensif dengan guru untuk memaksimalkan manfaat penerapan teknologi ini bagi siswa. Kata kunci: kecerdasan buatan, siswa EFL, Wordtune, kompetensi menulis, keterlibatan menulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan buatan, siswa EFL, Wordtune, kompetensi menulis, keterlibatan menulis. Artificial Intelligence, EFL students, Wordtune, writing competency, writing engagement
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Kadek Pridayani
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:16
Last Modified: 25 Jul 2025 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26025

Actions (login required)

View Item View Item