Analisis Incident Management Menggunakan ITIL V4 (Studi Kasus UPA TIK Universitas Pendidikan Ganesha)

Nadi, Ni Kadek Sri (2025) Analisis Incident Management Menggunakan ITIL V4 (Studi Kasus UPA TIK Universitas Pendidikan Ganesha). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091041-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091041-ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
1815091041-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815091041-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091041-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Teknologi informasi (TI) memiliki peran penting dalam mendukung berbagai aktivitas untuk memberikan layanan yang optimal kepada para penggunanya. Unit Pelaksana Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK) Universitas Pendidikan Ganesha bertugas mengelola dan menyediakan layanan TI. Salah satu bentuk layanannya adalah pusat bantuan (Helpdesk) yang bertujuan mendukung kenyamanan dan keberhasilan pengguna, khususnya saat menghadapi insiden TI. Dalam menjalankan aktivitasnya, Standar Operasional Prosedur (SOP) yang digunakan masih belum mengarah pada standar framework serta belum terstrukturnya tim untuk bidang incident management TI. Beberapa permasalahan masih ditemukan seperti insiden yang terjadi secara berulang dan pengklasifikasian kategori laporan hanya pada dua kategori umum. Dengan permasalahan tersebut diperlukan proses untuk menganalisis sejauh mana pengelolaan incident management TI pada UPA TIK. Untuk mengetahui kondisi saat ini agar dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan incident management TI. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil Gap analisis pada UPA TIK dengan kondisi ideal menggunakan acuan ITIL V4 incident management practice dan memberikan rekomendasi peningkatan pada SOP incident management. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengumpulan data kualitatif. Data kualitatif yang dihasilkan dari proses wawancara, observasi, dan dokumentasi data yang diperlukan. Penelitian yang dilakukan menghasilkan tingkat kesenjangan atau Gap yang lumayan mendominasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun proses penanganan insiden telah berjalan, pada Gap analisis menunjukkan pendekatan kondisi ideal yang masih kurang dimana dari 2 kedua praktik utama incident management TI 8 aktivitas belum memenuhi kondisi ideal dan 1 aktivitas memenuhinya. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan penyusunan SOP incident management, dengan fokus pada peningkatan pada kedua praktik incident management TI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan TI, Manajemen Insiden, ITIL V4, Gap Analisis, SOP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Sri Nadi
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:47
Last Modified: 25 Jul 2025 02:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26039

Actions (login required)

View Item View Item