PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Putra, I Putu Merta (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113021002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021002-ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2113021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021002-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media simulasi PhET, model kooperatif Jigsaw dengan siswa yang belajar dengan model direct intructions. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang yang menggunakan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini mencakup lima kelas dengan total 191 siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Singaraja pada tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang digunakan terdiri atas tiga kelas dengan jumlah 113 siswa, yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Dua kelas bertindak sebagai kelompok eksperimen (Kelas C dan D) dan satu kelas bertindak sebagai kelas kontrol (kelas E). Data hasil belajar diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan nilai realibilitas tes sebesar 0,77. Data dilakukan analisis deskriptif, analisis kovarian (ANAKOVA), dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kelompok eksperimen dengan perlakuan model kooperatif Jigsaw berbantuan media simulasi PhET mempeleh nilai rerata sebesar 85,76 (SD = 9,97), kelompok eksperimen dengan model kooperatif Jigsaw memperoleh nilai rerata sebesar 80,64 (SD = 11,42), sedangkan kelompok kontrol dengan perlakuan model pembelajaran langsung memperoleh nilai rerata sebesar 72,85 (SD = 9,64). (2) hasil uji ANAKOVA satu jalur menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan nilai Fhitung sebesar 19, 11 dan nilai signifikansi 0,001. (3) hasil uji lanjut LSD diperoleh bahwa besar ∆μ = 10,835 lebih besar dari nilai LSD yaitu sebesar 4,194 sehingga model kooperatif Jigsaw berbantuan media simulasi PhET berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas dengan model pembelajaran langsung. Simpulan dari penelitian ini yaitu siswa yang menggunakan model kooperatif jigsaw berbantuan media simulasi PhET menunjukkan hasil yang lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model kooperatif Jigsaw dan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Jigsaw, Media simulasi PhET, direct intructions, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I PUTU MERTA ADI PUTRA
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:09
Last Modified: 25 Jul 2025 03:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26050

Actions (login required)

View Item View Item