TEACHERS' PRACTICE AND PERCEPTION IN IMPLEMENTING TECHNOLOGY- MEDIATED TASK-BASED LANGUAGE TEACHING IN SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Ruparti, Ni Putu Cendani Jelita (2025) TEACHERS' PRACTICE AND PERCEPTION IN IMPLEMENTING TECHNOLOGY- MEDIATED TASK-BASED LANGUAGE TEACHING IN SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2112021080-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021080-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021080-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021080-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021080-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi praktik dan persepsi guru Bahasa Inggris kelas 9 di SMP Negeri 2 Singaraja dalam mengimplementasikan Technology-Mediated Task-Based Language Teaching (TMTBLT). Penelitian ini menggunakan desain basic qualitative, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi kelas, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru memiliki pemahaman yang baik mengenai prinsip-prinsip TMTBLT dan menyadari potensi pendekatan ini dalam meningkatkan keterlibatan dan kemampuan komunikasi siswa. Namun, beberapa tantangan ditemukan dalam implementasinya, bagaimana guru memanajemen waktu, perbedaan kompetensi siswa, dan keterbatasan infrastruktur teknologi. Guru cenderung menggunakan media seperti Google Form, Quizlet, dan media presentasi digital dalam tugas-tugas kelas. Meskipun sikap guru terhadap TMTBLT cukup positif, penerapannya di kelas masih terhambat oleh berbagai keterbatasan kontekstual. Penelitian ini menekankan pentingnya diskusi antar guru mengenai efektifitas metode ini, serta dukungan teknologi yang memadai agar pelaksanaan TMTBLT di tingkat SMP dapat berjalan efektif dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TMTBLT, Persepsi Guru, Pembelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Berbasis Tugas, Integrasi Teknologi
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Cendani Jelita Ruparti
Date Deposited: 25 Jul 2025 09:38
Last Modified: 25 Jul 2025 09:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26088

Actions (login required)

View Item View Item