PENGEMBANGAN KONTEN BERDIFERENSIASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK SMA

Rasyid, Muhammad Ilyas (2025) PENGEMBANGAN KONTEN BERDIFERENSIASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051049-COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051049-ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051049-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan di SMA Lab Undiksha masih mengandalkan metode pembelajaran tradisional, seperti buku teks LKS dan video YouTube, yang menurunkan motivasi belajar siswa. Selain itu, pembelajaran belum sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sehingga menghambat pemahaman siswa terhadap materi dan menghambat mereka belajar sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengkaji reaksi siswa serta mendeskripsikan efektivitas konten pembelajaran terdiferensiasi di kelas IPA dengan menggunakan Project-Based Learning (PBL) untuk siswa kelas 11. Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dilakukan dengan mengikuti model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kelompok partisipan terdiri dari 28 siswa kelas 11-A SMA Lab Undiksha. Pengumpulan data dilakukan melalui survei siswa, survei guru, dan tes awal dan tes akhir untuk mengukur efektivitas. Konten pembelajaran terdiferensiasi yang dibuat dengan menggunakan LMS Canvas dinilai sangat valid, efektif, dan bermanfaat, serta berpotensi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Hal ini didukung oleh hasil evaluasi yang dilakukan oleh para ahli konten dan media, yang memiliki peringkat validitas yang cukup tinggi. Hasil analisis respons siswa menunjukkan skor rata-rata yang tinggi, yang menunjukkan bahwa konten tersebut sangat bermanfaat dan diterima dengan baik oleh siswa. Berdasarkan evaluasi efektivitas yang dilakukan melalui uji coba awal dan uji coba akhir dengan siswa, diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,79, nilai yang signifikan yang menunjukkan bahwa materi pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Berdiferensiasi, Project Based Learning, Pembelajaran Informatika, Kurikulum Merdeka, gaya belajar VAK.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: MUHAMMAD ILYAS RASYID
Date Deposited: 27 Jul 2025 14:16
Last Modified: 27 Jul 2025 14:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26119

Actions (login required)

View Item View Item