Pratiwi, Ni Kadek Ratna (2025) Pengaruh Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Simulations Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2123071001-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2123071001-ABSTRAK.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2123071001-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Pratiwi, N. K. R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Tesis Pendidikan IPA Program Studi S2 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui oleh Pembimbing I Dr. A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika, M.Pd dan Pembimbing II Prof. Dr. Ni Made Pujani, M.Pd. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, PhET Simulations, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan motivasi dan hasil belajar IPA secara bersama antara siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations dan yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations dan yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing, dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations dan yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan jenis rancangan non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Petang Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 3 kelas (75 siswa), dengan sampel sebanyak 2 kelas (50 siswa). Prosedur pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa yang dikumpulkan menggunakan metode angket (kuesioner) dan tes. Data motivasi dan hasil belajar dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa sedangkan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut; (1) secara simultan, terdapat perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (p= 0,000<0,05), (2) terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (p= 0,006<0,05), (3) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (p= 0,000<0,05). Kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa lebih unggul dibandingkan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, PhET Simulations, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Kadek Ratna Pratiwi |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 08:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 08:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |