Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet terhadap kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran fisika

Herdita, Monika Candra (2025) Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet terhadap kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran fisika. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113021020-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021020-ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021020-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan literasi sains antara siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET, model inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain one way pretest-posttest non-equivalent control group. Populasi penelitian meliputi 4 kelas dengan total 127 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Melaya pada mata pelajaran fisika tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang digunakan terdiri dari tiga kelas berjumlah 95 siswa, dipilih melalui teknik random sampling. Kelas XI 6 ditetapkan sebagai kelas eksperimen 1 (inkuri terbimbing berbantuan PhET) dengan 32 siswa, kelas XI 7 sebagai eksperimen 2 (inkuiri terbimbing) dengan 33 siswa, dan kelas XI 8 sebagai kelas kontrol (konvensional) dengan 30 siswa. Kemampuan literasi sains siswa diukur menggunakan instrumen tes berbentuk esai sebanyak 10 soal. Konsistensi internal butir soal berkisar antara γ=0,358 s/d γ=0,820 dan reabilitas tes adalah α=0,897. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur, yang dilanjutkan dengan uji perbedaan rata-rata menggunakan LSD (Least Significant Difference) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi sains siswa di antara ketiga kelompok pembelajaran. Uji ANAKOVA menghasilkan nilai Fhitung = 75,276 dengan signifikansi 0,000. Selanjutnya, hasil uji LSD menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET memiliki kemampuan literasi sains yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model inkuiri terbimbing maupun model konvensional (LSD = 1,932).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model inkuiri terbimbing, PhET, kemampuan literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Monika Candra Herdita
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:16
Last Modified: 04 Aug 2025 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item