Aryani, Wayan (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI MATHWAY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329071003-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329071003-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329071003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329071003-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi merupakan kompetensi esensial yang diperlukan dalam rangka menyongsong era Society 5.0. Namun, kenyataan di lapangan, hasil studi PISA dan TIMSS menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa usia 15 tahun atau setingkat sekolah menengah pertama masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry berbantuan aplikasi Mathway terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian eksperimen semu dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 11 kelas dengan 447 orang siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik group random sampling dan menetapkan tiga kelas sebagai sampel. Kelas VII-1 sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberikan perlakukan model pembelajaran Collaborative Inquiry berbantuan aplikasi Mathway, kelas VII-3 sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberikan perlakukan model pembelajaran Collaborative Inquiry, dan kelas VII-5 sebagai kelompok kontrol yang diberikan perlakukan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data keterampilan kolaborasi siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan Multivariat Analysis of Covarian (MANCOVA). Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Collaborative Inquiry berbantuan aplikasi Mathway, model pembelajaran Collaborative Inquiry, dan model pembelajaran langsung (2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Collaborative Inquiry berbantuan aplikasi Mathway, model pembelajaran Collaborative Inquiry, dan model pembelajaran langsung (3) Terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi siswa yang belajar dengan model pembelajaran Collaborative Inquiry berbantuan aplikasi Mathway, model pembelajaran Collaborative Inquiry, dan model pembelajaran langsung Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran Collaborative Inquiry berbantuan aplikasi Mathway secara signifikan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Collaborative Inquiry, Aplikasi Mathway, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Kolaborasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Wayan Aryani |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 08:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |