Comparing Teaching Strategy Preferences Between Novice and Experienced Teachers in SMA Negeri 1 Sukawati

Wulandari, Agda Pinky Ikea (2025) Comparing Teaching Strategy Preferences Between Novice and Experienced Teachers in SMA Negeri 1 Sukawati. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021047-COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021047-ABSTRAK .pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021047-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan preferensi strategi mengajar antara guru bahasa Inggris pemula dan berpengalaman di SMA Negeri 1 Sukawati selama implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan menggunakan desain kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan lembar ceklis yang melibatkan satu guru pemula dan satu guru berpengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pemula lebih memilih menggunakan strategi Project-Based Learning dan Cooperative Learning yang mendorong kolaborasi, kreativitas, serta partisipasi aktif siswa. Sementara itu, guru berpengalaman cenderung memilih strategi Discovery Learning dan Integrated Learning yang menekankan eksplorasi mandiri serta integrasi konsep lintas disiplin untuk memperdalam pemahaman siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman mengajar berperan penting dalam membentuk preferensi instruksional, serta menegaskan pentingnya pengembangan profesional dalam mendukung guru memilih dan menerapkan strategi yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Inggris, Guru Berpengalaman, Kurikulum Merdeka, Guru Pemula, Strategi Mengajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Agda Pinky Ikea Wulandari
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:17
Last Modified: 28 Jul 2025 00:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26158

Actions (login required)

View Item View Item