EVALUASI KUALITAS LAYANAN E-GOVERNMENT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BULELENG: STUDI KASUS SISTEM INFORMASI AKU ONLINE NG MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL

Putra, Putu Khrisna Neitya Adhe (2025) EVALUASI KUALITAS LAYANAN E-GOVERNMENT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BULELENG: STUDI KASUS SISTEM INFORMASI AKU ONLINE NG MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Genesha.

[img] Text (COVER)
1815091014_COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091014_ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091014_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091014_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1815091014_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091014_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091014_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091014_LAMPIRAN.pdf

Download (691kB)

Abstract

Aku Online NG adalah system informasi website dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng. Terdapat beberapa permasalaah yang ada yakni masyarakat sering kesulitan mengunduh formulir dari Google Drive, sehingga harus datang ke kantor untuk mengambilnya. Selain itu, pengguna yang jarang mengakses sistem sering lupa kata sandi, dan karena tidak tersedia fitur ganti sandi, mereka harus ke Disdukcapil untuk melakukan reset. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas layanan e-government pada aplikasi Aku Online NG milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng menggunakan metode E-GovQual. E-GovQual adalah sebuah kerangka kerja yang disusun untuk mengukur persepsi public yang paling efesien terkait kualitas layanan dari system informasi pada instansi pemerintahan. Evaluasi dilakukan pada empat dimensi yakni Reliability, Efficiency, Trust, dan Citizen Support. Sebanyak 356 responden pengguna aktif dilibatkan dalam pengisian kuesioner berbasis skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Reliability dan Trust memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas layanan, sedangkan Efficiency dan Citizen Support tidak berpengaruh signifikan. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 81% menunjukkan bahwa empat variabel independen secara simultan berkontribusi besar terhadap kualitas layanan. Temuan ini memberikan dasar pengambilan keputusan dalam pengembangan sistem layanan digital pemerintah daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, E-Government, E-Govqual
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Putu Khrisna Neitya Adhe Putra
Date Deposited: 28 Jul 2025 14:30
Last Modified: 28 Jul 2025 14:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26220

Actions (login required)

View Item View Item