PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, PERSEPSI RISIKO, INFORMASI PRODUK, DAN DISPOSABLE INCOME TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI PASAR MODAL

Mahendra, Kadek Yogi Dwi (2025) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, PERSEPSI RISIKO, INFORMASI PRODUK, DAN DISPOSABLE INCOME TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI PASAR MODAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2117051288-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2117051288-ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117051288-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117051288-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117051288-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117051288-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2117051288-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117051288-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2117051288-LAMPIRAN.pdf

Download (817kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sosial, persepsi risiko, informasi produk, dan disposable income terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha di pasar modal. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa dalam berinvestasi, meskipun mereka memiliki akses terhadap edukasi investasi dan fasilitas melalui Galeri Investasi yang disediakan oleh kampus. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dengan skala likert dan penentuan jumlah responden menggunakan rumus slovin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi yang masih dinyatakan aktif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 91 responden yang telah memenuhi kriteria penelitian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lingkungan sosial, informasi produk, dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa. Sementara itu, disposable income tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel bebas tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa dukungan lingkungan, ketersediaan informasi, dan kemampuan finansial mahasiswa berperan penting dalam meningkatkan minat investasi di pasar modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sosial, Persepsi Risiko, Informasi Produk, Disposable Income, Minat Investasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: Kadek Yogi Dwi Mahendra
Date Deposited: 29 Jul 2025 20:33
Last Modified: 29 Jul 2025 20:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26275

Actions (login required)

View Item View Item