PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DORATOON PADA MATERI IKATAN KIMIA

Nuhonny, Azahra Zefanya (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DORATOON PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113031003-COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113031003-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113031003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Materi ikatan kimia di jenjang SMA kerap dianggap sulit sehingga berpotensi menimbulkan miskonsepsi dan rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis animasi menggunakan Doratoon dengan Adobe Illustrator dan Adobe After Effects guna meningkatkan pemahaman konsep ikatan kimia pada siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate), yang terbatas sampai tahap development. Produk yang dikembangkan berupa video animasi berdurasi 14 menit yang terbagi menjadi empat segmen. Hasil validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan skor 1 kategori sangat valid. Uji keterbacaan memperoleh skor 76%, sedangkan uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 80%. Uji keefektifan melalui pretest dan posttest pada 23 siswa menunjukkan peningkatan skor dari 80% menjadi 89%, yang mengindikasikan peningkatan pemahaman konsep setelah menggunakan video. Dengan demikian, video pembelajaran berbasis animasi yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia di SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ikatan kimia, video pembelajaran, miskonsepsi, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: AZAHRA ZEFANYA NUHONNY
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:37
Last Modified: 06 Aug 2025 01:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item