Nuhonny, Azahra Zefanya (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DORATOON PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031003-COVER.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031003-ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Materi ikatan kimia di jenjang SMA kerap dianggap sulit sehingga berpotensi menimbulkan miskonsepsi dan rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis animasi menggunakan Doratoon dengan Adobe Illustrator dan Adobe After Effects guna meningkatkan pemahaman konsep ikatan kimia pada siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate), yang terbatas sampai tahap development. Produk yang dikembangkan berupa video animasi berdurasi 14 menit yang terbagi menjadi empat segmen. Hasil validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan skor 1 kategori sangat valid. Uji keterbacaan memperoleh skor 76%, sedangkan uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 80%. Uji keefektifan melalui pretest dan posttest pada 23 siswa menunjukkan peningkatan skor dari 80% menjadi 89%, yang mengindikasikan peningkatan pemahaman konsep setelah menggunakan video. Dengan demikian, video pembelajaran berbasis animasi yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ikatan kimia, video pembelajaran, miskonsepsi, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | AZAHRA ZEFANYA NUHONNY |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:37 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |