Agustina, Ria Maghdalena (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI PENDEKATAN NATURE OF SCIENCE PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071029-COVER.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071029-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2113071029-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2113071029-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2113071029-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071029-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2113071029-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071029-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan validitas, kepraktisan, dan keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi pendekatan Nature of Science pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati untuk peserta didik kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun dibatasi hanya sampai tahap Develop. Subjek uji coba terdiri atas 2 dosen Pendidikan IPA sebagai validator materi dan media, 2 guru IPA sebagai subjek uji kepraktisan, serta 15 peserta didik SMP Negeri 2 Sawan sebagai subjek uji keterbacaan. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara dan angket, dengan data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. LKPD yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai bahan ajar cetak (hard copy) berbentuk buku paket, dengan kegiatan pembelajaran yang memuat aspek empiris (berdasarkan pengalaman nyata), tentative (bersifat sementara), socio culltural (berkaitan dengan kehidupan sosial dan budaya), dan scientific method (langkah sistematis dalam memperoleh pengetahuan), yang terintegrasi dalam pendekatan Nature of Science. Hasil uji validitas menunjukkan skor rata rata 1,00 (kategori sangat tinggi), uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 98 (kategori sangat praktis), dan uji keterbacaan memperoleh skor rata-rata 90% (kategori sangat terbaca). Berdasarkan hasil tersebut, LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diuji pada tahap selanjutnya, yaitu uji efektivitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Nature of Science, Model 4D |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | RIA MAGHDALENA AGUSTINA |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 07:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 07:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |