DEWI, NI PUTU YASMITA (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031127_COVER.pdf Download (488kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031127_ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031127_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031127_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031127_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031127_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031127_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031127_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031127_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R berbantuan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia Kelas V Gugus IV Kecamatan Mengwi. Desain Non Equivalen Controlgroup Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini yaitu kelas V Gugus IV Mengwi yang berjumlah 248 siswa dan diperoleh sampel pada kelompok eksperimen yaitu 35 siswa kelas V SD No.1 Lukluk dan pada kelas kontrol 32 siswa kelas V SD No.3 Lukluk. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Mean gainskor ternormalisasi keterampilan membaca pemahaman kelompok kontrol = 0,433. Analisis data menggunakan uji-t dan menggunakan rumus polled varians. Data yang dianalisis didapat thitun=2,700 > ttabel=1,997 pada taraf signifikasi 5% (dk= 35+32–2= 65) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan metode SQ3R berbantuan media komik berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sq3r, keterampilan membaca pemahaman, media komik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Yasmita Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 20:08 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 20:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2636 |
Actions (login required)
View Item |