PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020

DEWI, NI PUTU YASMITA (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031127_COVER.pdf

Download (488kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031127_ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031127_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031127_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031127_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031127_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031127_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031127_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031127_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R berbantuan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia Kelas V Gugus IV Kecamatan Mengwi. Desain Non Equivalen Controlgroup Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini yaitu kelas V Gugus IV Mengwi yang berjumlah 248 siswa dan diperoleh sampel pada kelompok eksperimen yaitu 35 siswa kelas V SD No.1 Lukluk dan pada kelas kontrol 32 siswa kelas V SD No.3 Lukluk. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Mean gainskor ternormalisasi keterampilan membaca pemahaman kelompok kontrol = 0,433. Analisis data menggunakan uji-t dan menggunakan rumus polled varians. Data yang dianalisis didapat thitun=2,700 > ttabel=1,997 pada taraf signifikasi 5% (dk= 35+32–2= 65) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan metode SQ3R berbantuan media komik berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sq3r, keterampilan membaca pemahaman, media komik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Yasmita Dewi
Date Deposited: 27 Jul 2020 20:08
Last Modified: 27 Jul 2020 20:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item